Senin, 31 Juli 2017

Cara Mudah Membuat Pasir Berwarna


Image result for Membuat Pasir Berwarna
Bagaimana cara membuat slime? Belakangan ini sedang trend permainan pasir berwarna di kelompok anak-anak Indonesia. Bila dahulu kita telah merasa senang sekali hanya dengan bermain pasir di pantai atau tanah liat. Rupanya anak-anak saat ini kurang tertarik pada permainan tradisionil itu. Keadaan ini mendorong beberapa aktor usaha kreatif untuk melakukan inovasi dengan membuat product pasir yang berwarna.

Sayangnya umumnya product ini di bandrol dengan harga yang lumayan mahal. Ini dikarenakan ada brand yang mengusung product pasir berwarna barusan hingga harga nya jadi melambung tinggi. Walau sebenarnya sistem pembuatan pasir berwarna ini tidak beberapa sulit sangat kok. Bahkan juga kami percaya Kamu pun dapat membikinnya sendiri dirumah. Bahan-bahannya juga mudah sekali diketemukan di sekitar rumah Kamu.

cara-membuat-pasir-berwarna. jpg
Sepintas tentang permainan pasir berwarna atau dimaksud juga pasir kinetik yaitu alat permainan untuk anak-anak yang berbentuk pasir. Biasanya ukuran pasir yang digunakan lebih halus dari pada pasir bangunan sebab peluang besar sudah melalui sistem penyortiran memakai mesin ayakan pasir khusus. Produsen lalu mencampurkan pasir itu dengan bahan polimer sintetik agar memiliki warna yang menarik dan mudah dibersihkan.

Bila Kamu tertarik untuk membikin pasir yang satu ini, silahkan dicoba cara membuat slime tanpa lem seperti berikut!

Alat dan Bahan : 

  • Pasir putih
  • Tepung kanji
  • Air
  • Bahan pewarna
  • Ayakan pasir
  • Saringan
  • Baskom
  • Pengaduk 

Langkah langkah : 

  1. Kami mereferensikan pada Kamu untuk memakai pasir putih agar warnanya terlihat terlihat lebih cerah. Pemakaian pasir hitam buat warna tidak dapat keluar dengan terang. Pasir yang telah disediakan lalu disaring memakai ayakan pasir untuk memisahkannya dari kerikil dan sampah. Lalu saring lagi pasir itu memakai ayakan dengan lubang yang lebih kecil agar didapat pasir yang halus.
  2. Tepung kanji diperlukan untuk mengikat bahan pewarna ke butiran pasir hingga dapat melekat lebih kuat. Tepung kanji ini harus disaring terlebih dulu memakai saringan agar tidak menggumpal dan akhirnya dimasukkan ke baskom. Berikan air seperlunya ke baskom barusan untuk buat adonan tepung kanji yang agak encer. Aduk selalu sampai adonan terlihat bagus dan tercampur rata.
  3. Adonan tepung kanji lalu dipisahkan kedalam beberapa baskom yang beda. Setiap baskom ini nanti ditambahkan bahan pewarna seperlunya untuk buat adonan tepung kanji yang semula berwarna putih jadi berwarna merah, hijau, kuning, oranye, biru, dan sebagainya sesuai sama hasrat kita.
  4. Masukan pasir kedalam baskom yang sudah diisi adonan tepung kanji yang berwarna. Aduklah agar pasir bercampur dengan adonan itu dan jadi berwarna. Setelah dirasa telah tercampur rata, Kamu dapat mendiamkannya sesaat selama 30-60 menit agar adonan melekat kuat ke pasir.
  5. Saat ini saatnya untuk melakukan penjemuran. Sediakan tempat penjemuran dengan mengadakan plastik di ruang yang terbuka. Pasir-pasir yang sudah berwarna barusan lalu ditempatkan diatas plastik lalu dijemur selama 3-5 hari untuk menyingkirkan kandungan air di dalamnya. 

Pasir berwarna yang telah kering lalu dapat disaring kembali memakai ayakan pasir agar tidak menggumpal. Butiran-butiran pasir yang menggumpal dapat dipisahkan memakai tangan. Akhirnya pasir pun jadi lebih halus dan asik dipakai untuk bermain.

0 komentar:

Posting Komentar